BOLU GULUNG KETAN HITAM

Woensdag, 25 Januarie 2012



Ini dalam rangka menghabiskan sisa tepung ketan hitam yang mo expired bulan depan. Sebenarnya  beberapa yang lalu udah bikin bolu gulung ketan hitam pake resep NCC tapi ntah kenapa ketika digulung bolgulnya pecah dan ga bisa digulung. Penasaran mumpung ada sisa tepung ketan hitam aku coba bikin lagi tapi kali resepnya aku rubah, hasilnya udah ga patah lagi dan bisa digulung tapi masih retak-retak gitu....

BOLU GULUNG KETAN HITAM


Bahan A:
3 btr       telur  utuh
3 btr       kuning telur
100 gr     gula pasir
1 sdt       cake emulsifier

Bahan B:
50 gr      tepung terigu
50 gr      tepung ketan hitam
25 gr      tepung maizena

Bahan C:
70 gr      mentega, lelehkan
1 sdt      pasta vanila
1sdm     SKM putih

BC untuk olesan.

Cara membuatnya:
  1. Kocok  bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata atau kocok dengan kecepatan rendah. Tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
  2. Tuang adonan kedalam loyang 30x30, panggang dalam oven selama 20 menit atau sampai matang dengan permukaan kering. Angkat, dinginkan.
  3. Balik diatas kertas roti, poles dengan butter cream tpis dan rata kemudian gulung dan padatkan.









Penampakannya seperti ini, masih ga rapi dan retak-retak gitu...
Beginilah kalo ga pernah sekolah bikin kue, setiap kegagalan menjadi pelajaran yang amat sangat berarti dan bersyukur banget punya teman-teman yang saling mensupport dan saling berbagi ilmu.
Mbak Dida makasih ya.... jangan cuekin klo ada ...."PING...Mbak Di....:)" hihiiiiii...>,<


Tetap masih penasaran, ntr mo coba lagi...tepung ketan hitamnya masih ada semoga masih cukup untuk untuk bikin segulung lagi...:D







0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking