Donderdag 12 Januarie 2012

LBT#12 ANNIVERSARY CAKE




“HAPPY 1st ANNIVERSARY LBT”
Ga terasa ya udah setahun lho, biarpun keanggotaanku blom genap setahun tapi aku udah begitu menikmatinya…tambah ilmu, tambah temen dan tambah sodara…alhamdulillah pokoknya…#luv u all my dear friend LBTers….
Untuk PR kali ini temanya anniversary tapi kali dibebaskan mo memilih bikin kue apa, yang penting bagaimana mempresentasikan sesuai tema. Kali ini aku bikin bentuk yang biasa aza tapi yang luar biasa adalah basecakenya aku pilih bolu hongkong, cake yang blom pernah aku bikin selama ini. Pake resepnya Mbak Ricke yang aku copas dr blognya mbak Nien…. #maaf ya mbak-mbak blom minta ijin…>,<
Untuk filling dan cover aku pake BC special Itara….
Mbak Ricke makasih ya untuk resep bolhongnya, Mbak Dida makasih ya untuk resep BC'nya, Mbak Nien makasih udah copas resepnya....:)

Bolu Hongkong ( by.Ricke ' Bunda Nadhifa' Indriyani)

Bahan A

50 g tepung terigu
10 g maizena
10 g coklat bubuk
1 sdt Baking Powder
2 sdm susu bubuk

Bahan B
4 kuning telur
30 g gula pasir
1 sdt SP

Bahan C
4 putih telur
1/4 sdt garam
50 g gula pasir
1 sdm air jeruk nipis ( ini aku tambahkan sendiri sebagai penstabil putih telur)


1 sdt pasta coklat
50 g margarine/ mentega lelehkan


Cara membuat :
- Siapkan loyang ukuran 22x22, olesi margarine, alasi kertas roti
- Ayak bahan A
- Kocok bahan B sampai kental dan putih....sisihkan
- Bahan C....kocok putih telur, air jeruk nipis dan garam sampai berbusa.....masukkan gula sedikit demi sedikit sambil di kocok sampai mengembang soft peak.
- Campur kocokan kuning telur ke dalam kocokan putih telur sambil di kocok dengan speed rendah sampai tercampur rata
- Masukkan pasta kocok lagi sampai tercampur
- Masukkan bahan A sedikit demi sedikit aduk dgn spatula.
- Masukkan margarine leleh aduk dengan spatula.
- Tuang dalam loyang , oven di suhu 170 selama 30 menit












Sempet bingung juga sih mo bikin apa...karena banyak banget pilihan, antara fancy cookies bouqet, cupcake bouqet, makutel ato cake ini. Klo akhirnya aku bikin cake ini karena aku penasaran sama bolu hongkong nya mbak Ricke. Okay...  karena temanya anniversary yang ada dibayanganku adalah cake yang simple tapi elegant...cake yang nuansa putih dan pita emas udah cukup mewakili. Sementara kado2 itu adalah kardus kosong yang aku buat beberapa hari yang lalu dari kardus kue trs aku bungkus kertas kado dan aku ikat pita untuk mempermanis, lilin angka 1 menunjukkan bahwa peringatan yang pertama, dari awal aku udah tidak ingin memasang lilin itu di kue cukup ditaruh dibawah aza dan ucapan sengaja aku tulis tangan, hehee kurang rapi ya...eh ada lagi...liontin kecil bentuk hati warna emas itu punya kkk aku pinjam hehee...untuk mempermanis aza daaaaan satu lagi...karena LBT bukan anak2 maka aku tidak memakai pernik2 yang berbau anak2 seperti balon, mainan dr plastik dkk....untuk backgroundnya yang warna hitam...hmm baru kali ini pake warna hitam ternyata OK juag lho...#silahkan menikmati gambarnya..hehee

Untuk cakenya...satu resep itu jadi satu loyang ukuran 22x22 untuk membuat cake itu karena aku ingin cake yang kecil aza maka cake aku potong menjadi 4 selanjutnya 2 potong cake aku tumpuk untuk aku hias dan 2 potong lagi juga aku tumpuk trs aku potong2, jadinya seperti diatas itu...

Cake ini termasuk jenis cake yang ringan banget, berpori tapi lembut. Bisa juga divariasikan dengan rasa yang lain ...pandan ato moka misalnya...bisa dipakai basecake untuk cake potong ato bdck...
Kalo penasaran sama rasanya silahkan dicoba deh...tapi klo males baking pesen ke aku aza ya...#dasar bakul...:P

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : LBT#12 ANNIVERSARY CAKE

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking