Maandag 06 Februarie 2012

Kuliner Manado - Ikan Pepes Bakar di Brilia


Wisata Kuliner Indonesia #198
Kios BRILIA
Jl Jend Sudirman No. 79 Manado
(Depan Swiss Bell Hotel Maleosan)
Telp: 0431 3425050 / 3428500


Ikan Kakap Merah / Kerapu dimasak dengan aneka rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, sereh, cabe rawit dan sebagainya. Lalu dibungkus dengan daun singkong, dan ditutup lagi dengan daun pisang, kemudian dibakar diatas bara api selama 45 menit sampai 1 jam. Hasilnya??? Ikan Pepes Bakar dengan cita rasa yang dahsyat! Yang namanya pepes setahu saya ya dikukus, tapi di Manado saya menemukan kuliner yang unik ini, pepes ikan yang dibakar. Daging ikan yang harum dengan aroma aneka bumbu dan daun singkong yang menyelimutinya sangat pas disajikan dengan sambal rica-rica khas manado. Yang asik lagi adalah daun singkongnya yang dibuang sayang, bisa menjadi "lalap" pelengkap hidangan ini. Sedaaappp... Ikan Pepes Bakar ini dengan satu piring nasi bisa ditebus dengan harga Rp. 27.500,-

Minumnya saya pilih juga yang asik nih, Juice Durian. Rasa duriannya gak terlalu kuat, pas buat minuman sehabis makan, gak bikin enek. Seger banget... Segelas Juice Durian ini harganya Rp. 20.000,-

Saya menemukan Kios Brilia ini tidak sengaja. Sehabis memberikan materi di workshop tentang TIK untuk Pemberdayaan Perempuan di Aston Manado Hotel, sore itu saya menyusuri Jalan Sudirman untuk mencari "a very late lunch". Tepat di seberang Swiss Bell Hotel, tampak kedai makanan yang menyajikan aneka kuliner khas Manado. Karena sudah sangat lapar, segera saya masuk ke dalamnya. Ketika masih berpikir mau makan apa, saya ditawari untuk mencoba Ikan Pepes ini, dan langsung saya katakan ya. Untungnya, ternyata ada stock ikan pepes yang sudah dibakar, karena kalau tidak harus menunggu paling tidak 45 menit untuk memasaknya, keburu pingsan dah :)) Walaupun tidak terlalu terkenal dan tidak googleable, tapi Ikan Pepes Bakar di Kios Brilia ini saya rekomendasikan buat yang tengah berburu kuliner Manado. Alternatif lain selain Bubur Manado dan Mie Cakalang tentunya...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kuliner Manado - Ikan Pepes Bakar di Brilia

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking