Sondag 19 Augustus 2012

Beda Coklat Couverture dan Compound


Coklat kualitas premium mengandung lebih banyak cocoa liquor atau sari biji kakao yang berbentuk pasta (cairan berwarna coklat pekat), cocoa butter dan cocoa solid. Makin tinggi kandungan cocoa liquor maka makin terasa sensasi pahit dari coklat tersebut. Coklat dengan kualitas premium memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Coklat cincang (sxc.hu)
  • Coklat cepat meleleh karena tingginya kandungan cocoa butter
  • Dark chocolate berwarna coklat gelap,bukan berwarna hitam
  • Permukaan cokelat terlihat halus, mengilap dan warnanya rata
  • Saat coklat dipatahkan, tekstur patahan seperti kulit pohon.
  • Bila dimakan,tidak terasa seperti berpasir atau seperti mengandung lapisan lilin. Namun terasa halus, creamy, dan tidak berminyak.
Couverture
Cokelat Couverture mengandung cocoa butter sebesar 32%-39% yang membuat coklat couverture lebih mengilap dan rasanya lebih enak. Couverture biasanya dikembangkan dengan citarasa bittersweet dan milk chocolate.
Sebelum digunakan,coklat couverture harus melewati proses tempering (menaikkan dan menurunkan suhu saat pelelehan coklat) untuk menstabilkan kandungan cocoa butter yang sudah meleleh. Tanpa proses tempering,tampilan coklat couverture akan kusam dan sulit diaplikasikan.
Compound
Coklat compound dibuat dari kombinasi cocoa powder,lemak nabati dan pemanis. Harga coklat compound lebih murah daripada coklat couverture. Compound tidak perlu melalui proses tempering,cukup dilelehkan dengan cara ditim sampai leleh dan siap untuk digunakan.
Sumber : http://www.cakefever.com/mengenal-coklat-couverture-compound/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beda Coklat Couverture dan Compound

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking