Dinsdag 29 Januarie 2013

Jintan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jintan (Trachyspermum roxburghianum syn. Carum roxburghianum) merupakan tumbuhan menjalar yang bijinya dapat digunakan untuk rempah-rempah dan obat-obatan. Biji tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk masakan India. Tanaman ini banyak dibudidayakan di India dan Asia Tenggara. Rasanya lebih dekat kepada kelabat atau klabet daripada jenis rempah lain
Kontributor : Teks: Oki SA / Foto: Istimewa
Jintan manis adalah rempah yang beraromatik dan mempunyai rasa manis. Ia bewarna koko atau hijau ketika muda dan bertukar menjadi kelabu setelah matang. Ia mempunyai rasa menthol yang rendah dan sedikit tengik serta herba. Benih jintan manis terbahagi kepada dua, dan satunya kadang-kala tertinggal di tangkai.

Dalam masakan Melayu, ia sering digunakan bersama jintan putih dan dianggap rempah terbaik untuk masakan ikan. Selain itu, ia juga digunakan untuk menambah rasa ke dalam roti, gula-gula dan kek.Jintan; Berkhasiat Ringankan Morning Sickness
Kalah populer tapi khasiatnya bersaing
JINTAN tak hanya sedap dalam masakan, tapi juga memiliki khasiat menguntungkan bagi tubuh. Itu karena jintan kaya akan nutrisi, terutama karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral.

http://www.kabarindo.com
Jakarta, Kabarindo- Bila dilihat sekilas, jintan memiliki bentuk seperti biji wijen. Di Tanah Air, jintan memang kalah populer dari jenis rempah-rempah lainnya. Ada beberapa jenis jintan yakni jintan biasa (Carum carvi L), jintan manis (Pimpinella anisum L), jintan putih (Cuminum cyminum L), jintan hitam manis (Nigella damacena L), dan jintan hitam pahit (Nigella sativa L). Apa saja khasiat jintan bagi kesehatan kita? Berikut beberapa di antaranya seperti ditulis Prita Daneswari dilansir dari laman MIcom:

1. Jintan merupakan kaya akan zat besi sehingga sangat bermanfaat bagi penderita anemia serta ibu menyusui dan perempuan hamil yang cenderung membutuhkan zat besi lebih banyak daripada orang lain.
2. Jintan sangat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit pencernaan seperti perut kembung, diare, mual, dan morning sickness.
3. Untuk menetralkan asam lambung, kunyah saja biji jintan mentah.
4. Biji jintan memiliki sifat antiseptik sehingga membantu menyembuhkan flu ringan.
5. Mencegah batuk berlarut-larut akibat menggumpanya lendir di sistem pernapasan.
6. Coba minum air rebusan biji jintan untuk mencegah pilek dan menjaga kelancaran sistem pencernaan.
7. Biji jintan membantu dalam merangsang sekresi enzim di pankreas yang membantu penyerapan nutrisi.
8. Biji jintan juga meningkatkan kekuatan hati untuk menyingkirkan racun dari tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jintan

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking