Sondag 21 April 2013

Bakso Daging Ayam

Suhu menurun lagi setelah beberapa hari panas. Pemanas yang sudah dimatikan terpaksa dinyalakan lagi. Kalau dingin-dingin begini, enaknya menyantap yang hangat-hangat. Dan pilihan saya saya jatuh pada bakso. Berhubung harga daging sapi cukup menguras kantong, maka saya membuat bakso ayam saja. Alhamdulillah, baksonya seperti bakso di warung-warung. Enak. Resepnya saya intip dari Just Try and Taste, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Proses membuatnya pake dibanting-banting segala. Menurut resep aslinya, daging cukup dibanting 10-12 kali, tapi saking semangatnya, saya membanting sampe 20x. Yuk, bikin bakso ayam. 


Bakso Daging Ayam
Adaptasi dari Just Try and Taste

Bahan: 
1 buah dada ayam tanpa tulang, potong-potong
60 ml air es
1 sdt kecap asin
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt gula pasir
1 sdt minyak goreng
1 sdm tepung maizena
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1/4 sdt merica bubuk
Air es untuk merendam bakso

Kuah:
Air bekas rebusan bakso + air secukupnya
1 gelas air kaldu
2 siung bawang putih, cincang
1 sdm kecap asin
Merica bubuk
Garam
Daun bawang, iris
Bawang goreng
Minyak untuk menumis
Tambahan: Tahu putih, potong dadu besar


Cara Membuat:
  1. Dengan food processor atau blender, hancurkan daging ayam hingga halus. Tambahkan 2-3 sdm air es. Proses hingga daging menyatu, membentuk gumpalan. Pindahkan ke mangkuk.
  2. Dalam mangkuk kecil, campur sisa air es, kecap, garam, gula, minyak, maizena, baking powder, baking soda, dan merica bubuk. Tuang campuran ini ke daging ayam sambil diaduk-aduk. 
  3. Siapkan air es, celupkan tangan ke air es, kemudian banting daging ayam beberapa kali, hingga daging ayam halus, mengkilat dan elastis. Saya melakukannya hingga 20x. Jika tangan lengket, celupkan ke air es. Membantingnya di dalam mangkuk ya, jangan di lantai ^_^.
  4. Tutup mangkuk dengan plastik cling wrap, simpan di freezer
  5. Didihkan air secukupnya untuk merebus bakso. Matikan api. 
  6. Bentuk bakso dengan bantuan dua sendok teh. Masukkan ke dalam panci berisi air panas. Lakukan hingga adonan habis.
  7. Nyalakan kompor kembali, rebus bakso dengan api kecil. Jaga agar air tidak mendidih bergejolak, tetapi hanya letupan-letupan kecil. Masak hingga bakso mengapung. Cek dengan membelah satu buah bakso. Jika sudah matang, angkat.
  8. Siapkan air es. Tiriskan bakso yang sudah matang, masukkan ke dalam air es. Biarkan hingga bakso dingin. 
  9. Kuah: Tumis bawang putih hingga harum. Tuangi air sisa rebusan bakso dan air kaldu.Tambahkan air secukupnya. Bumbui dengan kecap asin, merica dan garam. Didihkan. Masukkan bakso dan tahu. Tambahkan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya. Tambahkan bumbu jika perlu. Angkat.
  10. Taburi bawang goreng saat disajikan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bakso Daging Ayam

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking