Vrydag 26 April 2013

Lontong

Tiba-tiba pengen lontong sayur. Bahan sayurnya beli di pasar tradisional yang cuma ada hari Sabtu. Sambil nunggu hari Sabtu, saya nyiapin lontongnya dulu. Selain memang butuh waktu lama untuk memasaknya, lontong akan lebih legit kalau diinapkan. Maka dengan semangat 'nyidam' lontong sayur, saya bikin lontong. Karena tak ada daun pisang, saya menggunakan plastik untuk membungkusnya. Plastik yang saya pakai khusus untuk oven. Karena ukurannya super besar, saya potong-potong sendiri sesuai ukuran yang saya mau, kemudian saya rekatkan dengan membakar tepiannya.


Lontong

Bahan:
Beras
Air panas
Air untuk merebus

Cara Membuat:
  1. Cuci bersih beras, kemudian rendam dengan air panas selama kurang lebih 30 menit. Tiriskan.
  2. Masukkan beras ke dalam kantung plastik hingga 2/3 bagian. Ikat atau tutup. Beri beberapa lubang di plastik untuk jalan air.
  3. Rebus dalam air yang sudah dipanaskan selama 2,5 jam. Pastikan lontong selalu terendam air. Jika air berkurang, tambah lagi dengan air panas.
  4. Angkat, hilangkan uap. Simpan di kulkas agar lebih legit hehehe.
  5. Saat akan disajikan, potong-potong lontong sesuai selera.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lontong

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking