Sondag 23 Junie 2013

Tips Mengasah Pisau Cepat Tajam



Tips dan Trik mengasah pisau cepat tajamSupaya pisau cepat tajam, oleskan batu apung untuk mengasah pisau dengan minyak, bukan dengan air. Dalam sekejap, pisau Anda akan menjadi tajam.



Sebuah pisau yang bagus, tidak perlu dengan biaya yang besar. sekarang banyak bermacam-macam pisau yang dijual banyak tempat. pergilah ke toko peralatan dapur anda dapat temukan pisau dengan bahan paduan baja karbon alloy , yang dulunya hanya dipakai oleh koki sekarang sudah bisa dipakai dirumah. biasanya peganggan pisau dari bahan kayu atau plastik, apabila dengan plastik pisau dapat bertahan lama. untuk memilih pisau selain ketajamannya, peganggan pisau juga memiliki arti penting, pastikan peganggan pisau yang anda pilih nyaman untuk digunakan. tips memilih pisau dapur :






1. Bahan
Pilih bahannya dari stainless steel dengan paduan anti karat. warna stainless steel berkilau lembut, dan tidak begitu berkilau hal ini menandakan bahannya mudah berkarat.


2. Peganggan pisau
seperti penjelasan diawal pilih penggangan pisau yang nyaman buat anda pakai, anda bisa memilih dari bahan kayu karena tidak mudah lepas walaupun tangan dalam keadaan basah. kalaupun bukan berbahan kayu pilih dari bahan tekstur yang tidak licin.

3. Kelurusan.
Teliti lurus tidaknya bilah pisau. Pisau yang bagus hasil potongannya lurus sesuai arah tekanan. Pisau yang jelek hasilnya miring. Cara meliha: Pegang pisau dengan posisi ujungnya lurus ke depan, intip tepat dari belakang gagang pisau. Kalo ujung pisau tidak terlihat maka pisau bener2 lurus, tapi kalo ujungnya atau bahkan bodinya terlihat, hasil potongannya akan miring.

4. Ujung Pisau Chopper/Sayuran.
Pilih yang model ujungnya runcing & mata pisaunya sedikit melekuk keatas, nyaman dipake saat chopping sayuran/bawang. Choppingnya dilakukan dengan mengayunkan pisau naik turun bertumpu pada lekukan tersebut, atau mengiris pake ujung pisau sambil ditekan di talenan & digeser kebelakang, hasilnya lebih cepat & rapi dengan ketebalan yang nyaris seragam. Pilih pisau yang cukup lebar & tebal, karena bisa digunakan untuk memipihkan bawang.

Tiga Pisau dapur yang harus anda miliki :

1. Pisau Koki : pisau 8-inci adalah paling banyak digunakan dirumah, pilih ukuran 10 inci jika anda mempunyai tangan besar dan kurang lebih 6 inci apabila tanggan anda kecil. Anda akan menggunakan ini untuk hampir semua tugas-tugas dapur.
2. Pisau pengupas : miliki beberapa type pisau pengupas, pisau ini digunakan untuk mengupas, memangkas dan keperluan lainnya.
3. Pisau panjang bergerigi atau pisau roti : untuk roti dan makanan panggang lainnya, untuk membelah kue, untuk tomat matang dan buah-buahan atau sayuran yang besar seperti melon atau squash.

Cara Merawat Pisau

1. Diasah
Sebagus apapun pisau apabila tidak dirawat akan cepat rusak, Pisau daging lebih cepat tumpul daripada pisau sayur/buah. kalau setiap hari dipakai dengan volume tinggi, pisau daging perlu diasah tiap 2-3 hari sekali sementara pisau sayur/buah cukup 2-3 minggu sekali. untuk menggasah bisa dengan batu asah atau dengan besi baja.


2. Menyimpan Pisau.
Kalau pisau tidak dipakai dalam jangka waktu lama, setelah diasah & dicuci bersih harus dilap sampai kering trus diolesin minyak goreng tipis. Serap kelebihan minyak dengan tissue atau lap. Bungkus rapat bilah pisau dengan papertowel, simpan di tempat aman.
Untuk penyimpanan sehari-hari cukup dicuci bersih dengan air sabun setiap selesai dipakai dan segera keringkan dengan lap.

berbagai sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengasah Pisau Cepat Tajam

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking