Sondag 19 Augustus 2012

Workshop Dekorasi Cake Fondant


Hari ini, 11 Mei 2008. Sy ikut Workshop sehari Dekorasi Cake dengan Rolled Fondant di "Bagus" Melawati Kuala Lumpur. Acara dimulai jam 10.30 pagi sampai 05.30 sore.
Instrukturnya Chef Eugene C.Y.Wong seorang Bakery Consultant dari Trans Standard International Sdn Bhd (di JKT ada kelasnya di Trans Sunter). yang cukup enak diajak konsultasi mengenai dekorasi cake karena dah berpengalaman selama 24 tahun dibidang dekorasi cakes.
Diajarkan mulai dari pembuatan adonan Rolling Fondantnya, kali ini adonan Fondant ala Jepang. Lho kok Jepang? iya karena adonannya dicampur tepung maizena, dan biasanya hanya orang Jepang yang suka mencampur tepung maizena dalam adonan fondant. ( Gambar atas : Hasil karya saya Lihat lengkapnya disini )
Kelebihan adonan ini, bisa langsung digunakan begitu selesai dibuat. Berbeda dengan adonan yang perlu di simpan semalam (Sugar Paste/Fondant gaya Amerika) katanya...  (Gambar kanan : Instruktur dan para peserta)
Kerja juga jadi enak, gak takut disemutin... kan pakai tepung maizena juga untuk melapisi alas dan tangan kita saat mendekorasi. Kekurangannya, setelah dalam kondisi keras, tidak mudah untuk dipotong. Wah.. kalu ini mah Rolling Fondant Bekels yang saya simpan setelah di dekorasi jadi Mini Barbie Cake juga keras dan kayaknya musti di ketuk pelan2 supaya pecah 
Untuk warna putih adonan dasarnya, memang tidak seputih Ready Made Fondant Bekels, tapi ditambah Cream of Tar Tar atau pewarna makanan (putih) yang dimasak bersama gelatin katanya warnanya akan lebih putih. Waktu demo gak pake pewarna putih sih, tapi gak terlalu beda jauh tuh...
Yang paling sy suka n sesuai dengan gaya sy yang suka engga sabaran kepingin lihat hasil nya segera. Nih... hasilnya langsung selesai sore itu juga dan dibawa pulang dengan selamat  Foto session (Food Fotography) pun dilakukan dirumah dalam kondisi utuh dan cantik.
Baca resepnya. Selamat mencoba.
Gambar : Chef dengan seorang peserta bernama Noor

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Workshop Dekorasi Cake Fondant

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking