Donderdag, 24 Januarie 2013

Beda Cake dengan Bolu


1. Apa bedanya cake, bolu, sponge, dan kue tart. Apakah perbedaannya dilihat dari jumlah telurnya, cara pembuatan, atau teksturnya.

2. Apa beda margarine dengan mentega dan contoh yang beredar di pasaran? Apakah butter termasuk mentega?

3. Sp, TBM, Ovalet, dan soda bikarbonat, baking powder kan sama sama pengembang. Kapan kita bisa menggunakan masing-masing pengembang tersebut atau terserah kita mau pakai yang mana?

Jawaban:

Sebetulnya bolu adalah bahasa Indonesia dari cake. Tetapi pengertiannya kemudian bergeser, bolu diartikan sebagai cake yang kasar dan padat. Dibuat dari kuning telor yang lebih banyak ketimbang putih telornya dan pemakaian tepung sedikit.

Sponge cake adalah jenis cake yang dibuat dengan cara telor dikocok bersama gula, margarine dicairkan. Cake yang ini rasanya lebih ringan ketimbang jenis butter type cake (cake yang dibuat dari margarine yang dikocok lalu telor dimasukkan satu per satu sambil terus dikocok)

Tart lebih diartikan sebagai cake yang dihias dengan buah atau banyak krim.

Margarine dibuat dari tumbuhan sedangkan mentega dibuat dari susu. Butter adalah bahasa Inggris mentega.

Contoh Margarine: Blueband, Palmboom, Simas, sedangkan mentega adalah Orchid, Anchor, Wijsman.


SP/TBM/Ovalet (semua sama, hanya beda merek) adalah emulsifier. Bahan untuk mengemulsi cairan dan lemak. Seringkali dalam pengadukan bahan cake, air dan lemak tidak bisa menyatu hingga membuat cake bantat. Nah, kalau memakai SP/TBM/Ovalet, kemungkinan tidak akan terjadi karena bahan ini membantu bersatunya lemak dan cairan.
Baking powder (=soda bikarbonat) adalah bahan penuai.
Bahan ini membantu pemuaian kue.

SP/TBM/Ovalet bisa dipakai kalau kita membuat cake. Sedangkan baking powder dipakai kalai membuat cake yang dibuat dari margarine/mentega dikocok juga pada sponge cake yang menggunakan cokelat.

sumber : Sajiku

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beda Cake dengan Bolu

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking