Kapulaga

Dinsdag 29 Januarie 2013

Kapulaga mempunyai nama latin amamum campactum soland, termasuk jenis rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan ataupun obat-obatan herbal di beberapa bagian Asia.
Disebut juga dengan kapol, pelaga puwar, palago atau karkolaka, rempah yang mempunyai rasa agak pahit ini mengandung sineol, terpineol dan alfaborneol, beta-kamper, protein, gula, lemak dan silikat.
http://www.menumakananbalita.com
Manfaat dari kapulaga antara lain
1. Kejang perut, rematik: semua bagian tumbuhan ini termasuk akarnya direbus selama lebih kurang lebih seperempat jam dengan disaring, airnya diminum.
2. Demam: batang direbus selama lebih kurang seperempat jam kemudian disaring. airnya diminum.
3. Batuk: buah dikunyah.
4. Mencegah mual : buah direbus dan dimakan.
5. Bau badan : rimpang direbus secukupnya dan diminum airnya.


6. Radang amandel, gangguan haid, kejang perut, obat kumur, influenza, radang lambung, sesak napas, badan lemah : buah direbus, makan dan masih banyak yang lainnya.

Kapulaga diperkirakan berasal dari hutan tropis di daerah India Selatan dan Srilangka. Dapat ditemui tersebar di daerah Asia meliputi Thailand, Kamboja, Malaysia Barat, Filipina, dan Indonesia terutama di wilayah berbukit yang dingin, didaerah lembah dan terlindung

Di Indonesia kapulaga banyak dipakai sebagai bumbu gulai dan ramuan jamu tradisional. Kapulaga memiliki buah dipermukaan tanah, bentuk kecil bulat, berwarna putih kekuningan dan agak abu-abu. Biji kapulaga beraroma wangi. Jika kapulaga sudah masak, buahnya akan pecah dan membelah dan didalamnya terlihat biji berbentuk bulat memanjang.

Referensi: www.mediahidupsehat.com dan sumber-sumber lainnya

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking