Vrydag 12 April 2013

Chocolate Cake

Sebuah usaha untuk menghabiskan selai coklat yang lama bersemayam di dapur. Sebenarnya saya suka coklat. Tapi saya tidak banyak tahu apa yang bisa dilakukan dengan selai coklat ini, selain sebagai olesan roti. Dan sayangnya, saya tidak terlalu suka makan roti. Niatan awal beli coklat ini sebenarnya untuk isian roti isi. Tetapi ternyata, ketika dipanggang di oven, coklat ini 'meletus' sehingga coklatnya berleleran kemana-mana, menjadikan penampilan roti isi sama sekali tidak cantik, bahkan bisa membuat gosong. Akhirnya si selai ini hanya menjadi teman roti saja, itu juga kalo lagi mau. Makanya ga habis-habis. Si Baba bilang, "Kamu bikin apalah tuh si selai, kamu kan kreatif!" Eeee.... Akhirannya itu yang membuat tertantang. Bisa disulap jadi apa ya? Pikiran pertama yang muncul, molten lava cake. Tapi ga punya cetakannya. Yah, gugling lagi. Nemu resepnya Just Try and Taste, Chocolate Fudge Cake. Tapi jadinya ga fudgy, tapi nyoklat banget hehehe. Mertua cerita ke Yenge, "Ne güzel yapmış." Komentar Baba,"Very very very good." Yuk, kita lihat resepnya.


Chocolate Cake
Adaptasi dari Just Try and Taste

Bahan:
2 gelas tepung terigu serbaguna
2 sdm tepung maizena
2 sdm baking powder
3-4 sdm munjung coklat bubuk
175 gr (saya kira-kira aja sih) mentega
5 sdm munjung gula pasir
2 butir telur
200-300 ml susu cair
1 sdt vanila bubuk

Olesan (maaf, saya tidak pake takaran):
Mentega
Selai coklat


Cara Membuat:
  1. Olesan: panaskan air di dalam panci. Taruh panci lain atau mangkuk tahan panas di atas panci air. Masukkan mentega, masak hingga meleleh. Masukkan selai coklat, aduk-aduk. Masak hingga coklat meleleh semua dan tercampur rata dengan mentega. Angkat. Hilangkan uap, tutup dengan plastik cling wrap, simpan di kulkan hingga digunakan. 
  2. Panaskan oven 165 derajat Celcius. Olesi loyang dengan mentega hingga rata, taburi dengan terigu. Alasi bagian bawah loyang dengan kertas baking. Sisihkan.
  3. Campur tepung terigu, maizena, coklat bubuk, baking powder dan vanila bubuk. Ayak. Sisihkan.
  4. Kocok mentega hingga hingga lembut. Masukkan gula pasir dan kocok hingga putih mengembang. Masukkan telur satu persatu. Pastikan bahwa sebelum memasukkan telur kedua, telur pertama harus dikocok dulu hingga tercampur rata dengan adonan gula dan mentega. 
  5. Masukkan campuran tepung dan susu secara bergantian. Pastikan, setiap memasukkan bahan harus diaduk dulu hingga rata, kemudian baru dimasukkan bahan berikutnya. Perhatikan kondisi adonan. Jika adonan dirasa sudah cukup basah, hentikan penggunaan susu. Jika adonan dianggap terlalu kering, susu bisa ditambah. Aduk dengan spatula saja, jangan overmix yaa!
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven selama 30-40 menit, atau tes kematangan dengan tusuk gigi. Keluarkan dari oven. Biarkan cake berada dalam loyang kira-kira 5 menit. Keluarkan kue dari loyang. Dinginkan di rak kawat.
  7. Jika kue sudah dingin, ratakan bagian atas kue, bagi kue menjadi 2 bagian. Kita akan membuat kue dengan 2 lapisan.
  8. Olesi lapisan bawah kue dengan coklat. Tutup dengan lembaran kedua. Olesi seluruh permukaan dan sisi kue dengan coklat. Jika coklat tersisa, bisa digunakan untuk membuat hiasan. Dinginkan kue di kulkas sebelum disajikan.
Have a nice weekend, Everyone!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Chocolate Cake

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking