Dinsdag 23 April 2013

Kömbe - My Way

Salah satu variasi roti. Sering menjadi makan malam kami atau sekedar menjadi teman minum teh. Resepnya hasil mengintip resep mertua saat bantu-bantu beliau bikin kömbe. Sayangnya, saya tidak pernah melihat saat beliau membuat adonan rotinya. Berkali-kali mencoba sendiri, hasilnya tak pernah sama. Roti buatan mertua lebih keras, jadi agak-agak krispi kulitnya, kayak pastel. Akhirnya saya nyaman dengan resep saya sendiri, menggunakan resep untuk roti pizza. Isinya sesuai selera aja. Kadang saya isi dengan bayam, keju ricotta, daun bawang, atau kentang. Kali ini saya menggunakan kentang. 


Kömbe

Bahan:
4 gelas tepung terigu serbaguna
1 sdm ragi instan
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
3 sdm minyak zaitun (minyak biasa jg bisa)
300 ml air hangat

Isi:
2 buah kentang besar
1/2 ikat parsley, cincang kasar
2 sdm mentega
100-150 ml susu cair
garam

Cara Membuat:

  1. Roti: Campur terigu dan ragi. Aduk rata. Tambahkan gula, garam. Aduk rata. Masukkan minyak dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Perhatikan adonan. Air mungkin tidak terpakai semua, tetapi jika kurang, bis ditambah. Uleni adonan hingga tdk lengket di tangan. Taruh di wadah yang sudah diolesi minyak. Tutup dengan plastik cling wrap. Diamkan hingga mengembang minimal 2x lipat.
  2. Isi: kupas kentang, potong-potong, kukus atau rebus hingga empuk. Taruh di mangkuk, beri mentega, garam, lalu haluskan. Tuangi susu cair dan beri daun parsley cincang. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Kempeskan adonan roti, uleni sebentar untuk menghilangkan udaranya. Bagi adonan menjadi dua. Pipihkan masing-masing sesuai dengan lebar loyang (saya menggunakan loyang datar 30x35 cm). 
  4. Taruh satu lembaran di dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Beri bahan isi, ratakan ke seluruh permukaan. Tutup dengan satu lembaran yang lainnya. Rapikan. 
  5. Olesi dengan kuning telur atau susu cair. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit atau hingga permukaannya kecoklatan.
  6. Keluarkan dari oven, potong-potong. Kömbe siap untuk menemani teh anda. Afiyet olsun!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kömbe - My Way

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking