Kuliner Serang - Soup Ikan RM Taman Taktakan

Vrydag, 06 Januarie 2012


Wisata Kuliner Indonesia #187
RM Taman Taktakan
Jl. Taman Baru RT 18/16 Serang - Banten
Telp 0254 7075252


Tomat hijau kecil, bawang daun, puluhan cabe rawit, daun kemangi dan beragam rempah lainnya "mengotori" semangkuk besar kuah sop dengan potongan daging ikan bandeng didalamnya. Begitu terhidang di meja, aroma dari Sop Ikan ini benar-benar memicu kerja kelenjar ludah, alias ngencesss... Menuangkannya ke dalam mangkok yang lebih kecil, kemudian dipadukan dengan sepiring nasi hangat, sempurnalah makan siangku di RM Taman Taktakan di kota Serang ini. Harumnya daun kemangi menjadi pembeda sop ikan ini dengan sop ikan di tempat lainnya, seperti Sop Ikan Batam. Plus rasa yang kaya karena aneka penyedap rasa alami yang bersatu di dalam kuah sop ikan. Yang unik, walaupun kita menemukan puluhan cabe rawit alias cengek yang mengambang di atas kuah sop ikan ini, tapi kita tidak akan mendapatkan kejutan pedas ketika menyeruput kuahnya. Mungkin karena cabe rawit tersebut tetap dibiarkan utuh, tidak dipotong-potong. Tapi saya yakin, ada "sumbangan" yang signifikan dari cabe rawit ini terhadap kesegaran yang paripurna dari Sop Ikan RM. Taman Taktakan ini.


Harga satu porsi Soup Ikan ini adalah Rp. 85.000,-. Mahal? Nanti dulu, ini adalah harga untuk semangkuk besar Soup Ikan yang cukup disantap 3-4 orang. Dan potongan daging ikan yang tersembunyi dalam kuahnya juga banyak loh.. Jadi ya gak terlalu mahal kan... Selain pusatnya yang berada di Jl Taman Baru, Soup Ikan RM Taman Taktakan ini juga mempunyai cabang di 5 tempat lainnya, termasuk salah satunya di  tengah kota (Jl Yusuf Martadilaga) dan juga di kawasan Jl Raya Anyer. Alamat lengkap RM Taman Taktakan bisa lihat gambar di bawah. Saya sendiri pada saat itu makan yang di Jl Raya Cilegon, dekat pintu Tol Karawang (koreksi) Serang Barat.



Bulan Oktober 2011 adalah kali pertama saya menikmati sajian kuliner kota Serang ini. Kebetulan, ada saudara sepupu, yang berkenan menjadi culinary guide selama dua hari saya di kota ini. Listnya: Soup Ikan, Nasi Bakar Sumsum dan Sate Bandeng. Tapi sayang, ketika malam saya mencoba menikmatinya, ternyata salah satu penjaja Nasi Bakar Sumsum yang kondang sedang tutup. Terpaksa saya menikmati Bubur Ayam Setan alias Buset. Jadi pengen balik lagi untuk menikmati Kuliner Serang...

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking