Donderdag 18 April 2013

Kerupuk Nasi

Kerupuk sudah menjadi 'menu wajib' bagi orang Indonesia. Makan tanpa kerupuk rasanya kurang lengkap. Tak heran, berbagai macam, jenis, warna, bentuk, hingga bahan dasar kerupuk menjamur di Indonesia. Harganya pun murah. Siapa tak suka kerupuk? Saya termasuk orang yang suka kerupuk, baik untuk teman makan, maupun untuk camilan. Toples tak pernah kosong dari kerupuk. Nah, berhubung di sini tak ada 'bakul kerupuk', kesukaan saya yang satu ini jadi tersendat. Mencoba mencari resep membuat kerupuk sendiri, bahan dasarnya, yakni tepung tapioka, tidak tersedia di sini. Pernah saya membuat kerupuk dengan pati kentang, alhamdulillah berhasil dan mengembang dengan baik. Kali ini saya membuat kerupuk dari nasi, seperti biasa yang saya lakukan di kampung dulu, saat punya sisa nasi, terutama dari kenduri. Saya sengaja masak nasi agak banyak, biar tersisa besok harinya. 
Kesulitan yang sering saya temui saat membuat kerupuk ini adalah saat mengirisnya setipis mungkin. Karena tidak menggunakan garam bleng (=boraks), maka adonan nasi menjadi sangat lembek dan susah untuk diiris. Dulu saya menggunakan botol bekas atau gelas untuk memipihkan kerupuknya, tidak diiris. Tapi proses ini butuh waktu yang lama, apalagi jika membuatnya dalam porsi besar. Jalan yang kemudian saya tempuh adalah dengan membuat adonan setengah beku, sehingga mudah diiris dengan ketebalan sesuai selera. Proses mengirisnya menjadi sangat mudah dan cepat. Adonan juga tak lengket. Hasil kerupuk juga tak terpengaruh oleh proses pembekuan.


Kerupuk Nasi

Bahan:
Nasi sisa
1 sdt ketumbar, sangrai
3 siung bawang putih
Garam

Cara Membuat:

  1. Kukus nasi hingga cukup panas sehingga mudah untuk ditumbuk.
  2. Sementara menunggu nasi, haluskan bawang putih bersama ketumbar dan garam. 
  3. Tumbuk nasi panas beserta bumbu hingga halus.
  4. Bungkus nasi dengan plastik cling wrap, simpan di kulkas (freezer) hingga hampir beku. (Langkah ini bisa dilewati).
  5. Keluarkan dari freezer, iris sesuai dengan ukuran dan ketebalan yang diinginkan.
  6. Tata irisan kerupuk di tampah atau apapun, jemur hingga kering.
  7. Goreng kerupuk. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kerupuk Nasi

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking