Saterdag 06 April 2013

Roti Goreng

Kadang bosan bikin roti yang sama untuk bekal Baba. Kadang tak punya cukup waktu untuk bikin roti yang memang butuh waktu. Jika sudah begitu, maka andalan saya adalah roti goreng ini. Prosesnya tidak selama membuat roti. Rasanya enak. Bisa untuk sarapan, menemani minum teh, atau buat bekal seperti Baba. Kalau untuk bekal pagi hari, biasanya saya buat adonan dan isinya malam hari. Paginya tinggal membentuk, mengisi dan menggoreng. Jadi, masih hangat saat disantap buat sarapan. 
Bentuk roti ini pipih, tidak bulat seperti roti goreng pada umumnya. Tujuannya agar kue matang hingga bagian dalam. Pengalaman pertama membuat roti goreng dulu, bagian dalamnya ternyata masih mentah, padahal bagian luar sudah matang. Langsung saja, kita tengok resepnya yang sangat mudah.


Roti Goreng 

Bahan:
3 gelas tepung terigu serba guna
2 sdt ragi instan
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 sdm minyak
200 ml air hangat
Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
1 kaleng tuna (160 gr)
1 buah wortel, parut kasar
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
2-3 batang bawang daun, rajang kasar
garam
Minyak untuk menumis (saya menggunakan minyak dari kaleng tuna)

Cara Membuat:
  1. Adonan roti: campur tepung terigu dan ragi instan, aduk rata. Masukkan gula dan garam, aduk rata. Masukkan minyak dan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu atau tangan. Perhatikan kondisi adonan. Jika telah cukup air, hentikan penggunaan air. Jika terlalu kering, air bisa ditambah. Uleni adonan hingga tidak lengket di tangan. Taruh di wadah yang sudah diolesi minyak. Diamkan di tempat hangat hingga adona mengembang 2x lipat.
  2. Sementara menunggu adonan mengembang, siapkan bahan isiannya. Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan wortel parut. Aduk-aduk. Masak hingga wortel layu. Masukkan daun bawang dan tuna. Aduk-aduk. Cicipi rasanya. Beri garam jika perlu. Angkat, sisihkan.
  3. Setelah adonan rori mengembang, kempiskan adonan. Uleni sebentar untuk menghilangkan udara. Bagi adonan menjadi 10-12 bagian. Bulatkan masing-masing bagian.
  4. Ambil 1 bulatan, bagi menjadi 2 bagian kecil. Pipihkan masing-masing bagian kecil tersebut, bentuk lingkaran dengan diameter kira-kira 8 cm.
  5. Beri bahan isian pada salah satu adonan, ratakan (jangan terlalu ke tepi). Tutup dengan adonan satu lagi. Tekan-tekan bagian pinggir agar tertutup rapat. Tekan bagian tengahnya agar rata. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Panaskan minyak. Goreng roti hingga kecoklatan. Angkat. Tiriskan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Roti Goreng

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking