Dinsdag 30 April 2013

Tart Apel Mini

Kali ini saya membuat tart apel mini gara-gara blogwalking dan tertarik dengan resep tart apel mininya Cahide Jibek yang tidak menggunakan cetakan (eh, atau galette ya?). Pertama uji coba hanya setengah resep. Rasanya mantap, yang dibuatin pun suka, tapi bentuknya aneh hehe. Bikin yang kedua kalinya menggunakan cetakan, sebagian tidak menggunakan cetakan karena kurang. Tapi bentuknya lumayan, tidak seamburadul yang pertama.

Eh, bukankah tart tidak memilik penutup ya, hanya bottom crust saja? Kok saya pake penutup? Jadi pie dong ya nanti. Ah, tak apalah. Pokoknya ini tart (maksa), karena crust-nya adalah tart crust, bukan pie crust.


Tart Apel Mini
Adaptasi dari Cahide Jibek

Bahan:
125 gr mentega
1 gelas teh minyak
1 gelas teh yogurt atau susu
2 butir telur
2 sdm gula
5 gelas tepung terigu
2 sdm maizena
1 sdt kecil soda kue
1/2 sdt kecil vanili bubuk

Isi:
6 buah apel, potong kecil-kecil
5 sdm gula pasir
1 sdt kayu manis bubuk
1 buah lemon, ambil airnya
1/2 gelas air


Cara Membuat:
  1. Isi: Campur semua bahan. Masak hingga mengental. Jangan lupa cicipi rasanya, tambah gula atau air jeruk atau kayu manis jika perlu. Sisihkan.
  2. Crust: Campur gula dan mentega, aduk dengan pengocok telur hingga tercampur rata. Masukkan susu, telur dan minyak. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu, vanili dan soda kue. Campur hingga adonan menyatu dan lembut. JANGAN DIULENI!
  4. Ambil adonan sebesar bakso. Taruh di loyang tart mini yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu. Ratakan dan rapikan sisi-sisinya. Beri isi. Untuk tutupnya, pipihkan sedikit adonan dan potong sesuai selera. Tata di atasnya. Tata di loyang. Lakukan hingga adonan habis. 
  5. Tanpa loyang tart: ambil adonan sebesar bakso, pipihkan, membentuk lingkaran. Beri isi. Tarik tepi adonan ke tengah sebagai penutup. Biarkan bagian tengah terbuka. Tata di loyang yang sudah dialasi kertas baking.
  6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 175 derajat Celcius, hingga permukaan kecoklatan. Saya membutuhkan waktu kira-kira 30 menit.
  7. Keluarkan dari oven. Dinginkan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tart Apel Mini

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking