Maandag 20 Mei 2013

90-Mınute Cinnamon Rolls

Sudah beberapa hari, entah kenapa, saya terbayang-bayang cinna-rolls terus. Setiap malam saya berkata dalam hati, besok bikin, ah. Tapi besoknya, ya ga bikin juga. Selalu seperti itu. Malas datang duluan, membayangkan prosesnya yang lama, bisa 4 jam lebih. Selama ini saya bikin cinna-rolls pake resepnya Laura Vitale. Tapi proofingnya lama. Saking lamanya nunggu proofing, seleranya udah ilang lagi. Kemudian saya iseng-iseng buka allrecipes, nyari cinnamon rolls. Tergodalah dengan judul 90-Minute Cinnamon Rolls. Cuma 90 menit, udah siap santap? Segera saya bikin coret2an di kitab memasak saya, dan langsung meluncur ke dapur. Hasilnya? Enak, tidak kalah dengan yang pake proofing lama. Empuk, sampe esok harinya juga. Nyam-nyam, deh. Untuk bahan isinya, sengaja saya kurangi dari resep asli, karena saya tidak suka yang terlalu manis. Resep asli juga menggunakan kismis untuk isian. Tapi saya tidak pakai. Jika, mau, bisa ditambahkan. Yuk, kita lihat resepnya.


90-Minute Cinnamon Rolls
Adaptasi dari Allrecipes

Bahan:
3/4 cup susu
1/4 cup margarin/mentega
3 1/4 cup tepung terigu serba guna
1 sdm ragi instan
1/4 cup gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 cup air
1 butir telur

Bahan Isi:
1/2 cup gula pasir (resep asli 1 cup)
1 sdt kayumanis bubuk (resep asli 1 sdm)
2 sdm mentega

Cara Membuat:
  1. Panaskan susu hingga bergelembung, tidak mendidih. Matikan api. Masukkan 1/4 cup margarin atau mentega. Aduk-aduk hingga larut. Biarkan hingga menghangat.
  2. Dalam mangkuk besar, campur 2 1/4 cup terigu, ragi, gula dan garam. Aduk rata. Masukkan air, telur dan campuran susu. Aduk rata dengan sendok kayu. Tambahkan 1/2 cup terigu. Aduk rata. Masukkan lagi 1/2 cup terigu. Aduk rata. Jika adonan sudah mulai menyatu, pindahkan ke meja yang sudah ditaburi terigu. Uleni hinggga lembut, kira-kira 5 menit. Taruh adonan di dalam mangkuk. Tutup dengan lap basah dan biarkan 10 menit. 
  3. Sementara menunggu adonan, campur bahan isi, aduk hingga rata. Sisihkan.
  4. Ambil adonan. Pipihkan dengan rolling pin menjadi persegi panjang dengan ukuran kurang lebih 30x21 cm. Oleskan bahan isi merata di seluruh permukaannya. Dari sisi panjang, gulung adonan, rekatkan dengan mencubit-cubitnya. Potong adonan menjadi 12 bagian yang sama. Tata potongan di loyang yang sudah diolesi mentega/margarin/minyak. Tutup dengan lap basah. Diamkan 30 menit hingga mengembang 2x, kira-kira 30 menit.
  5. Panaskan oven 190 derajat Celcius. Panggang roti kurang lebih 20 menit, atau hingga permukaannya kecoklatan. 
  6. Keluarkan dari oven. Jika mau, bisa langsung dioles mentega cair. Sajikan hangat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 90-Mınute Cinnamon Rolls

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking