Pie Apel

Dinsdag 14 Mei 2013

Setelah berpusing-pusing ria dengan 'apakah perbedaan antara pie dan tart?', kali ini saya membuat pie, meski saya masih tetap belum jelas, apa perbedaan signifikan antara keduanya. Ya, baiklah, akhirnya saya membuatnya dan menamainya sesuai dengan resep yang saya contek saja. Resepnya saya contek dari Joy Of Baking. Perbedaan pie dengan tart apel yang pernah saya bikin sebelumnya terletak pada bahan-bahan crust-nya. Pie tidak menggunakan telur, sedangkan tart menggunakan telur. Pie menggunakan mentega yang dibekukan, sedangkan tart menggunakan mentega atau margarin suhu ruang. Perbedaan tersebut akan menyebabkan perbedaan tekstur pada crust. Pie lebih flaky, sedangkan tart lebih crumbly. Berikut resepnya.



Pie Apel
Adaptasi dari Joy Of Baking

Bahan Crust:
2 1/2 cup terigu serbaguna
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
225 gr mentega dingin, potong dadu dan bekukan 15 menit
1/4 - 1/2 cup air es (air dingin yang dicampur es batu)

Bahan Isi:
8 buah apel ukuran sedang, kupas, buang bijinya, iris tipis
5 sdm munjung gula pasir
1 sdm air lemon
1 sdt kayumanis bubuk
1 sdt garam
1 1/2 sdm maizena

Cara Membuat:
  1. Crust: Dengan food processor, campur terigu, garam dan gula hingga rata. Masukkan mentega dan proses (dengan tombol pulse) hingga terbentuk gumpalan-gumpalan kecil, kira-kira 15 detik. Masukkan 1/4 cup air es. Tekan tombol pulse beberapa kali. Cek kondisi adonan dengan cara menekannya dengan ibu jari dan jari telunjuk. Jika adonan menyatu, hentikan proses. Jika belum, masukkan 1 sdm air es. Tekan tombol pulse lagi beberapa kali. Cek lagi adonan dengan cara yang sama. Jangan proses lebih dari 30 detik. Tuang adonan ke meja yang sudah ditaburi terigu. Satukan adonan. Ambil 1/3 bagian adonan, pipihkan. Bungkus dengan plastik wrap, simpan di kulkas. Ini akan digunakan sebagai tutup. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan (2/3 bagian). Ini akan digunakan sebagai dasar (alas).
  2. Isi: Dalam panci kecil, campur apel dengan maizena, kemudian masukkan bahan yang lain. Masak hingga air habis. Sisihkan.
  3. Keluarkan adonan dasar crust dari kulkas. Taruh di meja yang sudah diberi tepung. Pipihkan dengan rolling pin kira-kira seetebal 1/2 cm. Pindahkan ke loyang pie (saya menggunakan loyang tart diameter 26 cm). Rapikan. Potong bagian yang tersisa. Tuang apel ke dalamnya.
  4. Keluarkan adonan tutup. Giling dengan rolling pin. Potong-potong sesuai dengan motif tutup yang dikehendaki, bisa menggunakan cookie cutter. Tata di atas apel.
  5. Panggang dengan oven yang sudah dipanaskan, suhu 180 derajat Celcius, selama kurang lebih 45 menit atau hingga permukaannya kecoklatan. Keluarkan dari oven, biarkan agak dingin.
  6. Sajikan bersama cream atau es krim. Nyam-nyam!




0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking