Maandag 24 Desember 2012

Resep Tomat Rasa Kurma

Pernahkah anda mendengar istilah TORAKUR? Buat anda yang belum tahu apa itu torakur,ini dia penjelasannya. Torakur adalah singkatan dari Tomat Rasa Kurma,merupakan suatu makanan yang diolah dari buah tomat segar dengan cara pembuatan yang sangat mudah dan cukup sederhana. Olahan ini menghasilkan manisan tomat yang rasanya hampir sama dengan kurma asli,baik bentuk maupun rasa,benar-benar mirip kurma. 

Kegiatan membuat torakur ini,awalnya dilakukan oleh para petani maupun pedagang tomat. Banyaknya tomat yang tidak laku,biasanya segera diolah menjadi torakur agar tomat tidak terbuang sia-sia karena proses pembusukan. Namun kini torakur sudah banyak dibuat,tidak hanya oleh petani dan pedagang tomat saja,tapi juga orang pada umumnya,karena memang bahan dan proses pembuatannya yang sangat mudah dan sederhana,apalagi disaat harga tomat sedang murah-murahnya. Disamping itu,rasanya juga sangat enak. Bahkan kini torakur bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Buat anda yang masih penasaran dengan torakur,ini dia Resep Tomat Rasa Kurma dan cara membuatnya.

Bahan Tomat Rasa Kurma :
  • 1 kg tomat merah segar ukuran sedang
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt kapur sirih

Cara Membuat Tomat Rasa Kurma :

 1. Rendam tomat dengan larutan air kapur sirih selama 2 jam. Letakkan tomat di telapak tangan. Tekan dengan kedua belah tangan hingga biji tomat keluar. Bersihkan.




 2. Susun tomat yang sudah dibersihkan kedalam panci. Taburkan gula pasir diatasnya,tutup. Diamkan selama semalam hingga airnya keluar.






 3. Masak tomat yang sudah berair dengan api kecil hingga airnya habis,namun jangan sampai gosong. Angkat dan dinginkan.





4. Ambil tomat yang sudah dimasak kering,bentuk seperti kurma. Rapikan dan taruh diatas loyang,lakukan hal yang sama hingga tomat habis. Jemur tomat diatas terik matahari selama 3-4 hari hingga tomat benar-benar kering. Jika sudah kering,simpan dalam toples.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Tomat Rasa Kurma

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking