APEM PISANG

Vrydag, 26 April 2013



Apem adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras atau tepung terigu yang di fermentasikan menggunakan ragi. Rasanya yang manis legit dan tekstur yang berserat (karena pemakaian ragi) menjadikan kue Apem mempunyai rasa yang khas.  Ada banyak variasi kue apem dari yang dikukus dan yang dipanggang. Kue Apem dicetak dengan menggunakan cetakan khusus untuk kue apem yang terbuat dari bahan alumunium tebal atau kuningan itu untuk yang dipanggang tapi klo yang dikukus bisa menggunakan daun pisang atau loyang. Untuk cara penyajiannya ada yang menggunakan kuah santan, ditabur kelapa/kinca atau disiram dengan gula merah tapi ada juga yang disajikan hanya kue apem saja. Untuk aroma dan rasa... biasanya ditambahkan nangka/daun pandan/durian/pisang pada adonan atau pada kuah santan/kinca.

Masih cerita tentang pisang nih, hehee... udah lama ga bikin Apem, kangen juga euy... biasanya klo umik yang bikin suka dicampur dengan nangka jadi ada aroma nangka yang khas gitu walopun nangkanya ga dihaluskan cukup dipotong kecil-kecil dan dicampur diadonan. Dan kali ini aku bikin Apem Pisang. Apem yang seperti umikku biasa bikin, tapi yang ini aku campur dengan pisang yang dihaluskan supaya aroma pisangnya keluar, kan aroma pisang ga sekuat nangka....
Rasanya enak, seperti yang aku harapkan... Untuk pemakaian gula disesuaikan aza ya, untuk yang aku bikin ini karena pisangnya udah manis jadi pemakaian gula tidak terlalu banyak.













0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking