Vrydag 19 April 2013

Opor Tahu a la My Mom

Kangen kampung, kangen keluarga, kangen makanannya juga. Ini salah satu masakan yang sering dimasak oleh nenek dan ibu saya. Saya sangat menyukainya. Bisa jadi teman nasi putih atau lontong. Lebih mantap jika ditemani sambal. Keluarga saya menyebutnya sebagai semur. Tapi setelah saya lihat-lihat, ternyata tidak sama dengan semur pada umumnya. Bumbunya justru mendekati bumbu opor. Maka dalam resep ini saya beri nama opor saja, meskipun saya juga tak yakin, apakah ini termasuk opor. Mohon maaf, ya, apabila ternyata salah nama. Sok, diintip saja resepnya di bawah ini.



Opor Tahu a la My Mom

Bahan:
Tahu putih, potong-potong, goreng
Kentang, potong-potong, goreng
1 L santan
Bawang goreng
Daun bawang, rajang
1 sdt merica
4 butir hazelnut
2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt jahe bubuk
2 lembar daun defne
1 cm lengkuas
gula pasir
garam
Minyak untuk menumis

Cara Membuat:
  1. Haluskan merica, hazelnut, bawang merah, bawang putih, kunyit bubuk, jahe bubuk, dan garam.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan lengkuas, daun defne, dan gula. Beri sedikit air. 
  3. Masukkan tahu dan kentang goreng. Masak sebentar agar bumbu meresap.
  4. Tuangi santan. Masak hingga santan mendidih dan agak menyusut. Angkat.
  5. Taburi bawang goreng dan daun bawang saat akan disajikan. Afiyet olsun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Opor Tahu a la My Mom

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking